Rabu, 30 November 2011

Apa itu ruang dan unsur-unsur pembentuknya?


Sebelum belajar gambar 3 dimensi, pengetahuan tentang ruang sangat penting untuk memudahkan imajinasi kita ketika menggambar. Bila kita telah mengetahui ilmunya, maka otak kanan dan otak kiri  akan bekerja sesuai dengan fungsinya. Berikut tentang pengertian ruang dan unsur-unsur pembentuknya.
Ruang adalah daerah 3 dimensi dimana obyek dan peristiwa berada. Ruang memiliki posisi serta arah yang relatif, terutama bila suatu bagian dari daerah tersebut dirancang sedemikian rupa untuk tujuan tertentu.
Ruang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia secara psikologis maupun dimensional. Ruang dapat dirasakan adanya kesan dua dimensi atau tiga dimensi, melalui tampilan penggabungan beberapa garis dan hasil dari penggabungan beberapa bidang positif atau negatif.

Ruang terkait dengan volume dan volume mempunyai tiga dimensi,yaitu panjang, lebar dan tinggi.



 
Ruang dapat dirasakan adanya lorong, memberi kesan jarak jauh atau dekat, dalam atau dangkal, tinggi atau rendah, terbuka atau tertutup. Pengaturan ruang sangat diperlukan, apakah antara huruf (tipografi), ilustrasi (gambar), atau elemen yang lain dalam suatu bentuk media.


Unsur-Unsur Pembentuk Ruang
Ruang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia, baik secara Psikologi, emosional, dan dimensional. Manusia berada dalam ruang, bergerak, menghayati, berfikir dan juga menciptakan dan menyatakan bentuk dunianya. 
Secara umum, ruang di bentuk oleh tiga pembentuk elemen ruangan yaitu :
1.      Bidang Alas/Lantai ( The base Plane ). Oleh karena lantai Merupakan pendukung segala aktifitas kita di dalam ruangan.
2.      Bidang Dinding/pembatas ( The vertical Space Devider ). Sebagai unsur perancangan bidang dinding dapat menyatu dengan bidang lantai atau sebagai bidang yang terpisah.
3.      Bidang atap/langit-langi ( The Overhead Plane ). Bidang atap adalah unsure pelindung utama dari suatu bangunan dan pelindung terhadap pengaruh iklim.
Naahh... itulah sekilas tentang ruang. Baca artikel lain di blog ini jika ingin belajar gambar 2 dimensi dan gambar 3 dimensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar